Selasa, 22 September 2009

VARIETAS SWEET SORGHUM

Beberapa teman menanyakan varitas apa yang batangnya manis sehingga bisa untuk ethanol maupun syrup serta menghasilkan biji yang maximal?.
Jujur saja agak susah mencari data ataupun rekommendasi varitas serta method e/baku teknis standart budidaya tanaman sweet sorghum, berikut beberapa data yang terkumpul dan beberapa lagi dari hasil uji tanam di Jombang sbb:

Varitas yang di introduce ICRISAT.



Sweet Sorghum Iran.


Varitas local (tanpa nama) dengan biji merah asal bibit Rembang Jawa Tengah, asal bibit local Jombang dan biji putih asal local Jombang kami tanam 2005, dan batangnya tidak mengandung gula, tidak terbaca dengan refractometer,hamper seperti batang jagung, sedangkan bijinya hamper sama dengan beras ketan apabila di kukus dengan diberi kelapa atau di masak dijadikan tape.


Varitas lokal tanpa nama.

Data tanaman uji oleh Ajinomoto di Madura tahun 1994/ 1995 atas 3 varitas yaitu Wray, Keller dan Rio sebatas sbb:




Kawali yang ditanam Perum Perhutani Mojokerto tahun 2008 pada umur diats 110 hari tercatat Brix dalam kisaran 12 sd 13.

Tahun 2007 – 2008 kami mencoba menanam varitas GHZ dan Numbu asal benih dari Lampung dan tercatat data sbb:





Varitas Numbu juga tahan terhadap kekeringan , kebutuhan air 50% dibanding tanaman jagung.


Tanaman Ratoon 1 - varitas NUMBU


Varitas Numbu dengan ciri panicle yang menutup.


Panicle/ biji varitas Numbu paling disuka burung (burung sebagai hama utama).

Nah berdasar data diatas kiranya varitas Numbu yang dilepas tahun 2001 merupakan varitas harapan yang barangkali tidak kalah dengan yang diintroduce oleh ICRISAT maupun IFAD, yang perlu adalah perbaikan berkelanjutan dalam teknis budidaya mulai jarak tanam dan pemupukan.

Sebelum memutuskan untuk membudidayakan sweet sorghum tentu harus dilakukan kajian kajian lanjut meliputi berbagai aspek, sehingga tidak ada lagi pertanyaan setelah tanaman hampir panen atau sudah panen tidak tahu mau diapakan dan celakanya apabila hal ini di ekpos seolah tanaman sweet sorghum tersimpulkan tidak layak untuk dikembangkan.


Ilustrasi manfaat tanaman sorghum


1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya...

    pak saya mencoba membudidayakan sorgum manis di boyolali jawa tengah. apakah saya dapat memperoleh bijinya dari bapak? mohon di balas -bluezone_energy@yahoo.com-

    BalasHapus