movie dokumen

Loading...

Senin, 07 November 2016

SYRUP SORGHUM


Syrup sorghum dibuat dari batang sorghum manis ( sweet sorghum variety) , proses pembuatan melalui tahapan tahapan sbb:

1, Penebangan di ladang

Penebangan diTebangan yang terikut dengan hijauan daun dll akan sangat merugikna.lakukan setelah masa awal period for indutrial utility lazimnya umur > 100 hari , tergantung varitas dan pola budidayanya.


Tebangan harus bersih dari pucuk , daun hijau daun kering dan trash lainnya ( seperti tebangan tebu dan juga harus dikirim ke lokasi proses pada hari yang sama dengan penebangan.


Tebangan dengan mengikutkan hijauan daun dan pucuk akan sangat merugikan.


Tebangan yang kotor berakibat turunnya Brix nira , turunnya harkat kemurnian nira dan naiknya bagase / ampas begitu pula akan menurunkan kandungan sucrose  glukose maupun fructosenya.



Brix ideal nira agar dihasilkan syrup dengan organoleptik yang bisa diterima minimal adalah Brix 15 dengan brix 15 akan didapatkan syrup brix 75-77  dalam kisaran 10 sd 12%.

2. Proses 

Proses dimulai dengan menggiling batang sorghum untuk memisahkan cairannya ( nira ) dengan bagian padatannya ( bagase/ ampas) , dihasilkan nira dalam kisaran 57.5% bobot batang digiling dan masih mungkin dinaikkan sd sekitar 60% , kenaikan ektraksi berarti kenaikan syrup yied.


Sekali giling dry crushing menghasilkan juice extraksi 57.5%

Meningkatkan juice extraksion bisa dilakukan dengan wet crushing dengan menaikkan brix ektraksi sekitar 10% meski harus dilakukan simulasi apakah energy dari ampas yang dihasilkan masih mencukupi untuk proses.


Nira sorghum hasil extraksi di hold selama sekitar satu jam sebelum proses lanjut yaitu proses pemurnian nira


Proses pemurnian nira diawali dengan memanaskan nira sampai suhu > 85 celsius untuk menginactivasi jasad renik dikuti dengan pengaturah pH penambahan anionic cationic flokulan 3 sd 4 ppm dan diendapkan dalam tangki pengendapan bagian non gula akan mengendap di bagian bawah sekitar 10% (muddy juice) yang merupakan bagian non gula dan juga sebagian besar dari amylum  dan hanya bagian yang jernih  (clear juice) yang akan di proses lebih lanjut.


Pemurnian juga harus mampu meremove kandungan amylum dalam nira sorghum seperti info diatas amylum akan menaikkan viscositas produk,  dan menghasilkan cita rasa, aroma dan warna yang tidak disukai juga merupakan penghambat apabila proses diteruskan untuk membuat kristal selain itu amylum merupakan mesia yang disukai untuk tumbuhnya molding.


Nira jernih diuapkan dalam triple effect evaporator secara continu dengan suhu 90-80-70 celsius sampai menjadi semi syrup brix 40 selanjiutnya di konsentrasikan dalam penguap single effect dengan titik didih < 60 celsisus sampai dengan bix 75-77.


syrup brix 75-77 keluar darii penguap single effect


Dilakukan pengemasan hot filling unaerobic agar mempunyai daya simpan lebih dari setahun meskipun syrup diproses tanpa tambahan pengawet maupun pengaturan keasaman ( chemical free syrup)


Syrup sorghum siap di edarkan

RESUME

Dari tulisan diatas dapatlah disimpulkan sbb:

1. Tanaman sorghum punya potensi besar untuk dikembangkan sebagai penghasil karbohidrat (biji yang dihasilkan ) dan juga sebagai pemanis sehat ( syrup maupun gula kristal)

2.Hampir tidak mungkin bisa dibuat syrup dengan cara tradisional



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar